Senin, 27 Juni 2011

Selamat Datang

Selamat Datang di Kabupaten Musirawas Utara (Muratara), Sebuah Kabupaten baru hasil dari pemekaran Kabupaten Musirawas Propinsi Sumatera Selatan. Terbentuknya Kabupaten Muratara, pada saat tulisan ini dibuat masih dalam tahap pembahasan antara DPR dan Pemerintah setelah mengalami Moratorium oleh Presiden untuk mengevaluasi jalannya pemerintahan daerah-daerah hasil pemekaran yang selama ini ternyata tidak seperti yang diharapkan. Daerah hasil pemekaran menurut Pemerintah malah menjadi beban pemerintah pusat 
karena pada akhirnya bukan menjadi daerah baru sebagai pusat perkembangan dan pertumbuhan ekonomi baru tetapi ternyata menjadi daerah tertinggal setelah berpisah dari daerah induk. 
Keinginan Sebagian dari masyarakat Musirawas bagian utara untuk berpisah dan membentuk Kabupaten baru dengan nama Muratara adalah akumulasi dari kekecewaan mereka terhadap pelayanan Kabupaten induk (Musirawas) yang mempersulit mereka dalam pelayanan publik karena berada begitu jauh lokasinya dari daerah mereka.
Secara Geograpis persyaratan terbentuknya Kabupaten baru syarat ini lebih dari cukup dipenuhi "Kabupaten Muratara" karena memiliki wilayah yang sangat luas meliputi Tujuh kecamatan (Kecamatan Rawas Ulu, Rawas Ilir, Ulu Rawas, Muara Rupit, Karang Dapo, Nibung, dan Karang Jaya) dari kabupaten induk Musirawas.
Akan tetapi, terlihat sebenarnya dalam perjalanan dan proses pengajuan terbentuknya Kabupaten Muratara kurang didukung sepenuhnya oleh sebagian yang lain masyarakat dalam "wilayah" tersebut karena lebih menonjol keinginan perseorangan atau kelompok yang sangat berambisi akan kekuasaan apabila terbentuknya kabupaten baru ini. Masyarakat secara luas kurang dilibatkan, dan transparansi dan akuntability tidak jelas terhadap penggunaan dana yang sebenarnya telah terkumpul dari hasil bantuan Kabupaten induk dan para donatur yang mendukung terbentuknya kabupaten baru ini.




1 komentar:

  1. http://www.facebook.com/notes/saddam-husin-marzuki-ii/muratara-impian-dan-untuk-siapa/10150247812838600

    BalasHapus

 

Total Pageviews

Return to top of page Copyright © 2012 | muratara.com Converted into Blogger Template by wongblagak